Nilai Kebersamaan

PDFPrintE-mail

Last Updated on Friday, 20 July 2012 08:26 Saturday, 30 June 2012 03:34

alt

Karena manusia lahir sebagai makhluk individual yang juga makhluk social. Ini disebabkan bahwa sebagai individu, manusia tidak lepas keberadaannya dalam suatu lingkungan social. Bahkan manusia selalu berada dalam lebih dari satu lingkungan social, misalnya lingkungan disekitar rumah, sekolah, dan lain sebagainya. Dalam interaksinya dengan lingkungan inilah, manusia mengemban harapan-harapan social yang ditujukan pada dirinya, dan harus dipenuhi olehnya, bilamana ia ingin diterima dalam lingkungan social tersebut. Harapan-harapan ini kemudian disebut sebagai nilai-nilai moral yang harus dimiliki manusia sebagai konsekuensinya menjadi makhluk social.

Read more...

 

SEMANGAT BERBAGI

PDFPrintE-mail

Last Updated on Monday, 25 June 2012 01:13 Monday, 25 June 2012 01:00

Kemarin siang saat saya mengemudikan mobil, melewati panitia pembangunan masjid. Otomatis gerak mobil saya atur supaya pelan,   karena jalan semakin sempit dan otomatis saya mulai keluar dari bahu jalan. Tidak sengaja saya melihat ada anak kecil yang menyeberang jalan, dan ternyata dia menghampiri panitia untuk memberi uang yang sepertinya telah digenggamnya dari tadi. Saya sambil menyetir mengamati kejadian itu, subhanalloh ternyata dia adalah seorang pengamen tari bersama ibunya yang ada di belakang. Dan yang sangat membuat saya terpesona di dalam kelemahan fisik dia karena kelihatannya anak itu lemah mental (maaf agak idiot) tetapi mempunyai semangat lebih dari kita yang normal.

Saya sangat terinspirasi dengan peristiwa itu, mungkin si anak tidak minta dia dilahirkan dengan kondisi fisik yang tidak normal. Dan juga jika dia diminta memilih pastinya dia akan suka bersekolah saja dari pada mengamen di jalan. Dan sangat menggugah bagi saya adalah kekuatan dan ketegaran dia untuk memberi suatu yang dia peroleh dari usaha kerasnya selama sehari kepada orang. Tentunya kita pasti akan berfikir, “ah itu kan cuma seribu saja, ga besar kok”, memang uang itu tidak ada artinya bila dibandingkan dengan uang yang ada disaku kita. Tetapi kalau dimata anak itu, uang seribu adalah hasil dari kerja kerasnya.

Yang patut kita teladani adalah kita sebagai manusia haruslah selalu mengasah empati kepada sesama manusia. Tentunya empati yang positif dan sesuai dengan ketentuan dari Alloh SWT. Sangat menjadi salah satu dasar sikap manusia bahwa manusia mempunyai keinginan untuk dikasihani dan disayangi oleh orang lain. Orang butuh bantuan dan dorongan dari orang lain karena manusia adalah makhluk sosial. Semangat untuk menolong orang lain dan memberi bantuan walaupun tidak besar, harus selalu kita kembangkan.

Anak kecil itu telah menunjukkan contoh, walaupu kita dalam keadaan susah dan kekurangan tapi niatan untuk berbuat baik, jangan dilupakan. Keterbatasan jangan sampai membuat diri kita buta dan tidak memandang lagi halal dan haram, menggunakan segala cara untuk meraih apa yang kita impikan dan harapkan. Karena banyak diantara kita yang mudah sekali terjerumus dengan aktivitas salah dan mencelakan orang lain.

Kalaulah banyak orang yang beranggapan bahwa “gimana mau ngasih orang, makan sendiri aja susah”. Tentunya ini adalah pembelajaran bagi kita untuk menjadi acuan bahwa kita sebagai manusia tidak boleh serakah, karena agama kita juga menyampaikan bahwa di dalam harta kita ada sebagian harta milik orang lain. Sangat menjadi pelajaran kita juga, tentunya dengan niatan berbagi dengan orang lain baik dalam keadaan lapang atau sempit akan mendapatkan balasanNya. Apalagi kita harus menyakini bahwa pengorbanan kita dengan memberikan sesuatu yang disayangi dan diberikan kepada orang lain dalam kondisi sempit, pasti Alloh SWT akan melipatgandakan pahala dan rezaki kita. Sebab Alloh SWT tidak akan tutup mata dengan pengorbanan kita yang saat kesulitan dan kekurangan , semoga bermanfaat. Salam the real solver

 
 

Kunci Sukses Komunikasi dengan Anak

PDFPrintE-mail

Last Updated on Thursday, 10 May 2012 03:09 Tuesday, 08 May 2012 01:15

altDewasa ini, sangat banyak berita yang menceritakan kelakuan anak-anak zaman sekarang yang sudah tidak lagi memperdulikan penghormatan kepada orang tuanya. Bagi mereka, urusan anak bukan urusan orang tua dan sebaliknya. Proses tumbuh kembang anak sudah tidak terkendalikan lagi. Pergaulan bebas dan tawuran telah marak, bahkan sudah menyentuh level tingkat SD.

Read more...

 
 

Selamat Tinggal Penjara Suci Ku

PDFPrintE-mail

Last Updated on Thursday, 10 May 2012 03:10 Wednesday, 02 May 2012 04:56

Sebutlah Putri, seorang santriwati di sebuah pesantren yang cukup ternama. Dia telah menghabiskan masa pendidikannya dari tingkat tsanawiah hingga aliyah di pesantren. Putri tergolong anak yang cerdas dan berparas cantik. Sehingga ia menjadi idola diantara teman-temannya. Dia begitu sopan dan anggun dalam bersikap, sehingga banyak ustazah di pesantrennya menyayangi dia. Sehingga layak disebut santriwati teladan.

Read more...

 
 

Makna Bersyukur

PDFPrintE-mail

Last Updated on Thursday, 10 May 2012 03:12 Tuesday, 01 May 2012 07:04

 

Apabila kita mendapatkan sesuatu yang lebih dari biasa sehingga membuat kita merasa senang dan bahagia, dengan serta merta, lisan kita akan melontarkan Alhamdulillahirobbil ‘alamiin… Sebagai tanda ucapan syukur atas nikmat yang telah diberikan Alloh SWT.

Dalam QS [14 :7] Bahwa sesungguhnya jika kita bersyukur, maka Allooh SWT akan menambahkan nikmatnya, sebaliknya jika kita tidak bersyukur niscaya azab Allooh yang sangat pedih akan menanti.

Dari dua pernyataan tersebut diatas, sesungguhnya makna BERSYUKUR menjadi lebih dalam dari pada sekedar ucapan semata. Bersyukur yang biasa kita maknai hanya sebatas perbandingan saja. Apabila susuatu itu lebih baik maka kita akan bersyukur. Ketika sakit misalnya, kita akan tiba-tiba menjadi orang bijak dengan menasehati orang yang sehat untuk mensyukuri nikmat kesehatannya. Namun ketika dalam keadaan sehat, kebanyakan dari kita melupakannya. Bersyukur hanya ketika mendapatkan materi yang banyak saja… (huss… jangan buka kartu begitu doong :) )

Read more...

 
 

Page 2 of 7

Cabang Bulevar

Jl. Bulevar Hijau Blok B8 No.48
Harapan Indah Bekasi Barat
888 66 058

Cabang Pondok Ungu

PUP Blok A1 No. 5
Bekasi Utara
888 2505

Cabang Taman Harapan

Ruko THB Blok B1 No. 33C
Bekasi Barat
8898 99 66