Kesalahan pendidikan anak balita

PDFPrintE-mail

Last Updated on Friday, 23 March 2012 01:33 Tuesday, 20 March 2012 14:40

  1. Ketika anak kita jatuh sering menyalahkan sesuatu atau orang di sekitarnya, sehingga membuat anak kita mempunyai sikap blame (menyalahkan)
  2. Ketika anak kita ingin manjat atau mencoba lari atau mencoba bersepeda, kita sering berkata “jangan sayang nanti jatuh” sehingga anak kita akan menjadi orang afraid (penakut)
  3. Karena sayang kita kepada anak sangat besar, kita lupa untuk menciptakan kemandirian kepada anak
  4. Terlalu sering menggendong anak akan menciptakan ketidakmandirian anak dalam mengenal lingkungan
  5. Menyuapin anak hingga sebenarnya sudah tidak layak anak untuk disuapi akan menjadikan anak menjadi orang yang mempunyai sikap waiting (menunggu)
  6. Ketidakpercayaan orang tua untuk menyerahkan tugas rumah (menyapu, mengepel, cuci baju dan sebagainya) kepada anak akan menjadikan mereka orang unconfident (tidak percaya diri)
  7. Melarang anak kenal dengan anak seusia yang tidak dikenal akan menjadikan anak akan menjadi orang yang mempunyai sikap bad suspicion (buruk sangka)
  8. Orang tua yang sangat sayang kepada anak sehingga anak dengan mudah mendapatkan yang diigingkanny dan mudah dalam hidupnya akan menjadi orang yang lazy (malas)
  9. “Benar aja”, “pantesan”, “maklumlah” dan sebagaimanya adalah bahan kata-kata yang anak akan menjadi orang yang justified (pembenaran)
  10. Tidak pernah anak untuk belajar memberi infaq, menyantuni orang miskin atau belajar zakat dan shadaqoh, anak akan menjadi orang yang mempunyai sikap gengsi dan angkuh.
 

Separuh Cinta

PDFPrintE-mail

Berada dalam kesepian dan kesendirian tentulah sangat tidak menyenangkan (kamu pernah nggak? Hehehe.. kalo aku sih sering. Idih, ngaku deh!). Bayangkan jika kamu yang mengalaminya. Bayangin, jika kamu pulang ke rumah, yang hanya kita sapa adalah pintu-pintu yang sedari pagi menunggu menganga lebar-lebar. Menonton tv, gonta-ganti saluran dan tak lama kemudian mematikan tv, pergi ke kamar, tidur-tiduran, berkhayal, menonton tv lagi, begitu seterusnya sampai orang-orang rumah pulang sekitar jam sepuluh malam. Aku benci mengatakannya, tapi itu justru terjadi pada diriku.
Namun, aku sangat berharap kebosanan dalam kesendirian atau kejenuhan dalam kesepian ini hanya aku saja yang mengalaminya. Biarlah hanya aku saja yang menitikkan air mata kesedihan yang sangat ini. Tak jarang pula air mataku berlinang. Merasakan dan membayangkan mereka sedang bersamaku. Suasana hangat dalam keluarga yang kurindukan ini, biarlah hanya aku saja yang tidak merasakannya. Eh, ini termasuk galau nggak sih? Atau malah “Andi Lau” alias Antara Dilema dan Galau? Hihihi) Halah, sedih kok malah melucu.

Read more...

 
 

Islam KTP

PDFPrintE-mail

Jadi inget judul sinetron ya pas kamu baca judul Islam KTP? Kalo yang ngikutin ceritanya mesti tahu dan hapal banget deh. tetapi sekarang bukan ngomongin filmnya. Kita ngobrolin tentang diri kita yang baru berislam sebatas tercantum di kolom agama dalam KTP kita. So, kita bahas bahwa seorang muslim yang keren dan hebat itu bukan menganggap Islam cuma nyangkut di KTP-nya doang. Tetapi memang harus dipraktikkan dalam kehidupan nyata, dalam kesehariannya. Dia juga percaya diri sebagai muslim. Setuju kan?

Bro en Sis, saya prihatin banget dengan kondisi remaja muslim saat ini. Sumpah! Kok ada ya remaja yang masih merasa minder jadi muslim? Kebangetan deh jaman kiwari masih beredar remaja yang nggak pede alias nggak percaya diri jadi seorang muslim. Padahal, identitas kemusliman kita bakalan jadi ukuran. Apalagi di tengah arus deras informasi dan perang opini yang kerap bikin kita ‘pusing-mual-mencret’ kalo dapet sebutan muslim radikal atau fundamentalis. Cuma orang yang rasa percaya dirinya tinggi dan keimanannya mantap aja yang bakalan tahan bantingan. Insya Allah.

Read more...

 
 

Akar Kehidupanku

PDFPrintE-mail

Sebuah pohon yang subur, memiliki batang yang kokoh dan kuat, berdaun rindang, berbuah manis, sungguh sangat diharapkan perjumpaannya bagi seorang musafir yang tengah kelaparan di siang hari yang terik. Taukah sahabat, bagian mana yang paling berperan dalam tumbuh dan berkembangnya pohon itu…? Yang sering kali banyak orang melupakannya. Yang sering kali orang abai terhadapnya. Kebanyakan orang hanya kagum terhadap apa yang dilihat dan dirasakannya. Karena memang itu yang nampak oleh pengelihatan kita semua.

Ya, benar sekali. Bagian itu adalah akar. Bagian inilah yang berperan men-suport makanan. Air dan nutrisi yang dibutuhkan daun untuk “memasak” makanannya.

Apapun akan dilakukan akar demi tumbuh dan berkembangnya pohon kesayangannya. Akar tetap semangat menembus tanah, bahkan tidak jarang terhalang batu yang sulit ditembus. Sakit memang, namun karena cintanya lah dia rela merasakan sakit itu. Apa yang diterima akar? Tidak, akar tidak menerima apapun. Akar hanya akan senang dan bahagia ketika melihat hasil (buah) jerih-payahnya dirasakan banyak orang.

Read more...

 
 

Page 7 of 7

Cabang Bulevar

Jl. Bulevar Hijau Blok B8 No.48
Harapan Indah Bekasi Barat
888 66 058

Cabang Pondok Ungu

PUP Blok A1 No. 5
Bekasi Utara
888 2505

Cabang Taman Harapan

Ruko THB Blok B1 No. 33C
Bekasi Barat
8898 99 66