JADWAL SNMMPTN UI, UGM DAN IPB 2012

PDFPrintE-mail

Last Updated on Tuesday, 10 April 2012 01:52 Tuesday, 27 March 2012 03:12

Jadwal Kegiatan SNMPTN-UGM 2012

Jalur

Pendaftaran

Pengumpulan Formulir SPMA

Seleksi/Tes

Pengumuman

SNMPTN Jalur Undangan

1 Feb - 8 Maret

12 Maret

-

25 Mei

SNMPTN Jalur Ujian Tertulis

10 - 31 Mei

6 Juni

12-13 Juni

7 Juli

 

Jadwal seleksi Universitas Indonesia

JADWAL JALUR UNDANGAN

Pendaftaran Jalur Undangan

1 Februari – 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB

Seleksi Jalur Undangan

9 Maret – 15 Mei 2012

Pengumuman Jalur Undangan

28 Mei 2012 pukul 18.00 WIB

Pendaftaran Ulang yang diterima

12 – 13 Juni 2012

JADWAL JALUR TERTULIS

Tatacara pengisian borang pendaftaran bisa mulai di unduh di http://download.snmptn.ac.id

30 April 2012.

Pendaftaran Online

10 – 31 Mei 2012

Jadwal Ujian Tertulis

12-13 Juni 2012

Jadwal Ujian Keterampilan

14 dan/atau 15 Juni 2012

Pengumuman Hasil Ujian

7 Juli 2012 mulai pukul 19.00 WIB.

 

Tanggal Penting IPB

· Rabu, 01 Februari 2012

Pembukaan Pendaftaran Jalur Undangan

· Kamis, 08 Maret 2012

Penutupan Pendaftaran Jalur Undangan (22:00WIB)

· Jumat, 09 Maret 2012

Seleksi Jalur Undangan (Mulai)

· Selasa, 15 Mei 2012

Seleksi Jalur Undangan (Selesai)

· Jumat, 25 Mei 2012

Pengumuman Jalur Undangan (18:00 WIB)

· Selasa, 12 Juni 2012

Pendaftaran Ulang (yang diterima)

· Rabu, 13 Juni 2012

Pendaftaran Ulang (yang diterima)

 

 

Lima Poin Pendidikan Anak Dalam Islam

PDFPrintE-mail

Last Updated on Friday, 23 March 2012 04:03 Friday, 23 March 2012 04:01

bersama Siti Aisyah Nurmi (eramuslim/Minggu, 10/08/2008 17:01 WIB)

Bunda, apakah ilmumu hari ini? Sudahkah kau siapkan dirimu untuk masa depan anak-anakmu? Bunda, apakah kau sudah menyediakan tahta untuk tempat kembali anakmu? Di negeri yang Sebenarnya. Di Negeri Abadi? Bunda, mari kita mengukir masa depan anak-anak kita. Bunda, mari persiapkan diri kita untuk itu.

Hal pertama Bunda, tahukah dikau bahwa kesuksesan adalah cita-cita yang panjang dengan titik akhir di Negeri Abadi? Belumlah sukses jika anakmu menyandang gelar atau jabatan yang tertinggi, atau mengumpulkan kekayaan terbanyak. Belum Bunda, bahkan sebenarnya itu semua tak sepenting nilai ketaqwaan. Mungkin itu semua hanyalah jalan menuju ke Kesuksesan Sejati. Atau bahkan, bisa jadi, itu semua malah menjadi penghalang Kesuksesan Sejati.

Gusti Allah Yang Maha Mencipta Berkata dalam KitabNya:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (QS 3:185)

Begitulah Bunda, hidup ini hanya kesenangan yang menipu, maka janganlah tertipu dengan tolok ukur yang semu. Pancangkanlah cita-cita untuk anak-anakmu di Negeri Abadi, ajarkanlah mereka tentang cita-cita ini. Bolehlah mereka memiliki beragam cita-cita dunia, namun janganlah sampai ada yang tak mau punya cita-cita Akhirat.

Kedua, setelah memancangkan cita-cita untuk anak-anakmu, maka cobalah memulai memahami anak-anakmu. Ada dua hal yang perlu kau amati:

Pertama, amati sifat-sifat khasnya masing-masing. Tidak ada dua manusia yang sama serupa seluruhnya. Tiap manusia unik. Pahami keunikan masing-masing, dan hormati keunikan pemberian Allah SWT.

Yang kedua, Bunda, fahami di tahap apa saat ini si anak berada. Allah SWT mengkodratkan segala sesuatu sesuai tahapan atau prosesnya.
Anak-anak yang merupakan amanah pada kita ini, juga dibesarkan dengan tahapan-tahapan.

Tahapan sebelum kelahirannya merupakan alam arwah. Di tahap ini kita mulai mendidiknya dengan kita sendiri menjalankan ibadah, amal ketaatan pada Allah dan juga dengan selalu menjaga hati dan badan kita secara prima. Itulah kebaikan-kebaikan dan pendidikan pertama kita pada buah hati kita.

Pendidikan anak dalam Islam, menurut Sahabat Ali bin Abitahalib ra, dapat dibagi menjadi 3 tahapan/ penggolongan usia:

  1. Tahap BERMAIN (“la-ibuhum”/ajaklah mereka bermain), dari lahir sampai kira-kira 7 tahun.
  2. Tahap PENANAMAN DISIPLIN (“addibuhum”/ajarilah mereka adab) dari kira-kira 7 tahun sampai 14 tahun.
  3. Tahap KEMITRAAN (“roofiquhum”/jadikanlah mereka sebagai sahabat) kira-kira mulai 14 tahun ke atas.

Ketiga tahapan pendidikan ini mempunyai karakteristik pendekatan yang berbeda sesuai dengan perkembangan kepribadian anak yang sehat. Begitulah kita coba memperlakukan mereka sesuai dengan sifat-sifatnya dan tahapan hidupnya.

Hal ketiga adalah memilih metode pendidikan. Setidaknya, dalam buku dua orang pemikir Islam, yaitu Muhammad Quthb (Manhaj Tarbiyah Islamiyah) dan Abdullah Nasih ’Ulwan (Tarbiyatul Aulad fil Islam), ada lima Metode Pendidikan dalam Islam.

Yang pertama adalah melalui Keteladanan atau Qudwah, yang kedua adalah dengan Pembiasaan atau Aadah, yang ketiga adalah melalui Pemberian Nasehat atau Mau’izhoh, yang keempat dengan melaksanakan Mekanisme Kontrol atau Mulahazhoh, sedangkan yang terakhir dan merupakan pengaman hasil pendidikan adalah Metode Pendidikan melalui Sistem sangsi atau Uqubah.

Bunda, jangan tinggalkan satu-pun dari ke lima metode tersebut, meskipun yang terpenting adalah Keteladanan (sebagai metode yang paling efektif).

Setelah bicara Metode, ke empat adalah Isi Pendidikan itu sendiri. Hal-hal apa saja yang perlu kita berikan kepada mereka, sebagai amanah dari Allah SWT.
Setidak-tidaknya ada 7 bidang. Ketujuh Bidang Tarbiyah Islamiyah tersebut adalah: (1) Pendidikan Keimanan (2) Pendidikan Akhlaq (3) Pendidikan Fikroh/ Pemikiran (4) Pendidikan Fisik (5) Pendidikan Sosial (6) Pendidikan Kejiwaan/ Kepribadian (7) Pendidikan Kejenisan (sexual education). Hendaknya semua kita pelajari dan ajarkan kepada mereka.

Ke lima, kira-kira gambaran pribadi seperti apakah yang kita harapkan akan muncul pada diri anak-anak kita setelah hal-hal di atas kita lakukan? Mudah-mudahan seperti yang ada dalam sepuluh poin target pendidikan Islam ini:
Selamat aqidahnya, Benar ibadahnya, Kokoh akhlaqnya, Mempunyai kemampuan untuk mempunyai penghasilan, Jernih pemahamannya, Kuat jasmaninya, Dapat melawan hawa nafsunya sendiri, Teratur urusan-urusannya, Dapat menjaga waktu, Berguna bagi orang lain.

Insya Allah, Dia Akan Mengganjar kita dengan pahala terbaik, sesuai jerih payah kita, dan Semoga kita kelak bersama dikumpulkan di Negeri Abadi. Amin. Wallahua’lam, (SAN)

Catatan:

  • Lima Poin Pendidikan Anak: -1.Paradigma sukses-2.Mengenal Tahapan dan Sifat-3.Metode-4.Isi-5.Target.
  • Buku Muhammad Quthb (Manhaj Tarbiyah Islamiyah) diterjemahkan dengan judul “Sistem Pendidikan Islam” terbitan Al-Ma’arif Bandung, dan buku Abdullah Nasih ’Ulwan (Tarbiyatul Aulad fil Islam) diterjemahkan dengan judul Pendidikan Anak Dalam Islam.

 

 
 

JADWAL UJIAN NASIONAL 2012

PDFPrintE-mail

Last Updated on Friday, 23 March 2012 07:58 Friday, 23 March 2012 01:13

Terkait dengan POS UN 2012, tugas kita sebagai penyelenggara UN 2012 pada tingkat satuan pendidikan adalah mengetahui jadwal kegiatan pelaksanaan Ujian Nasional 2012 dan syarat-syarat peserta Ujian Nasional 2012 agar dapat disampaikan sedini mungkin kepada calon peserta UN 2012 dan segenap komponen sekolah lainnya. Termasuk didalamnya penetapan daftar nominasi tetap (DNT) yang harus dikirim mulai paling lambat 31 Januari 2012. Lebih lengkapnya anda dapat mendownlod Jadwal UN 2012 melalui link ini atau lihat data jadwal UN 2012 dibawah ini

Jadwal UN SMA / MA 2012 sederajat

No
Hari dan Tanggal
Jam
Mata Pelajaran

Jurusan IPA

Jurusan IPS
Jurusan BAHASA
MA Program keagamaan
1

UN

Senin,16-04-2012

08.00 – 10.00
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia

UN Susulan

Senin,23-04-2012

2

UN

Selasa,17-04-2012

08.00 – 10.00
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris

UN Susulan

Selasa,24-04-2012

11.00 – 13.00
Fisika
Ekonomi
Bahasa Asing
Tafsir
3

UN

Rabu,18-04-2012

08.00 – 10.00
Matematika
Matematika
Matematika
Matematika

UN Susulan

Rabu,25-04-2012

4

UN

Kamis,19-04-2012

08.00 – 10.00
Kimia
Sosiologi
Antropologi
Fikih

UN Susulan

Kamis,26-04-2012

11.00 – 13.00
Biologi
Geografi
Sastra Indonesia
Hadist

Jadwal UN SMP 2012 sederajat

No
Hari dan Tanggal
Jam
Mata Pelajaran
1

UN

Senin,23-04-2012

08.00 – 10.00
Bahasa Indonesia

UN Susulan

Senin,30-04-2012

2

UN

Selasa, 24-04-2012

08.00 – 10.00
Bahasa Inggris

UN Susulan

Selasa,1-05-2012

3

UN

Rabu, 25-04-2012

08.00 – 10.00
Matematika

UN Susulan

Kamis,3-05-2012

4

UN

Kamis, 26-04-2012

08.00 – 10.00
Kimia

UN Susulan

Jumat, 4-05-2012

Jadwal UN SMK / SMALB 2012 sederajat

No
Hari dan Tanggal
Jam
Mata Pelajaran
1

UN

Senin,16-04-2012

08.00 – 10.00
Bahasa Indonesia

UN Susulan

Senin,23-04-2012

2

UN

Selasa, 17-04-2012

08.00 – 10.00
Bahasa Inggris

UN Susulan

Selasa,24-04-2012

3

UN

Rabu, 18-04-2012

08.00 – 10.00
Matematika

UN Susulan

Kamis,25-04-2012

Sumber POS UN 2012


 

 
 

Tips Sukses Ujian Nasional

PDFPrintE-mail

Last Updated on Friday, 23 March 2012 01:30 Tuesday, 20 March 2012 15:06

BANYAK orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu ada beberapa tips atau kiat agar Anda berhasil dan sukses menghadapi ujian nanti. Persiapan yang akan dilakukan tidak jauh berbeda dengan persiapan dalam menghadapi ujian yang lain, misalnya ujian/tes CPNS atau UMPTN.

Kiat sukses menghadapi ujian nasional ini dimulai dari persiapan diri, persiapan teknis, persiapan materi ujian, dan pada saat ujian.

Persiapan diri

Persiapan diri adalah persiapan yang dimulai dari dalam diri kita sendiri, yang meliputi persiapan fisik dan persiapan mental. Persiapan fisik berkaitan dengan persiapan jasmani/fisik dan persiapan kesehatan. Anda harus menjaga kesehatan sebelum ujian. Tidak bisa dibayangkan bagaimana sulitnya seseorang mengikuti ujian bila dalam keadaan sakit. Agar diri Anda tetap sehat secara fisik menjelang pelaksanaan ujian, Anda harus rajin berolahraga. Usahakan istirahat secara teratur dan tidur jangan terlalu malam.

Persiapan mental ialah persiapan yang berkaitan dengan sikap mental, psikis, dan emosi. Upayakan agar situasi pribadi terutama sikap emosional tetap stabil. Pertentangan yang dialami dalam diri, situasi kekecewaan (frustrasi, suasana kesedihan dan sebagainya) akan berdampak buruk terhadap hasil belajar Anda. Yang mesti diperhatian adalah Anda harus menjaga suasana hati/emosi. Diharapkan emosi Anda tetap tenang dan stabil menjelang ujian. Sebelum ujian Anda mampu mengatasi hal-hal mungkin akan mengganggu konsentrasi belajar Anda. Agar pikiran Anda tidak terbagi dan tetap terpusat dalam menghadapi ujian, perbanyaklah melakukan ibadah, karena ibadah merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan ketenangan.

Persiapan Teknis

Persiapan teknis yaitu persiapan yang berkaitan dengan penyediaan perlengkapan yang akan digunakan dalam ujian nanti, misalnya pena, mistar penghapus, pensil, dan peraut pensil. Perlengkapan itu sebaiknya disiapkan H-1 sebelum ujian. Anda tidak akan lulus jika ternyata pensil 2B yang akan Anda pakai ternyata palsu, karena proses pemeriksaan hasil ujian menggunakan teknologi komputer. Sebelum ujian, yakinkan bahwa pensil 2B yang digunakan adalah benar-benar asli. Selain itu, sebelum ujian berlangsung Anda harus mengecek lokasi ujian dan tempat duduk.

Persiapan Materi Uji

Persiapan materi uji merupakan persiapan yang sangat penting karena persiapan materi uji ini akan menentukan kelulusan Anda. Persiapan materi uji hendaknya dilakukan sejak dini (jauh-jauh hari sebelum ujian). Menurut penelitian beberapa ahli, belajar borongan itu tidak baik dan hasilnya hanya membawa kesia-siaan. Jadi, disarankan H-1 sebelum ujian Anda tidak diperkenankan lagi memporsil diri untuk belajar. Istirahat yang cukup.

Perbanyak latihan menjawab soal dengan teman. Caranya: Ajaklah teman Anda untuk membentuk kelompok kecil sebagai kelompok belajar. Pesertanya tidak lebih dari 3 orang. Jika pesertanya terlalu banyak (lebih dari 3 orang), dikhawatirkan proses belajar menjadi tidak fokus pada materi yang akan dipelajari.

Pada Saat Ujian

Ada 10 hal yang harus diperhatikan pada saat ujian, yaitu:

  1. Pastikan bahwa Anda tidak lupa membawa kartu peserta ujian.
  2. Pastikan bahwa Anda tidak terlambat datang ke lokasi ujian.
  3. Pastikan bahwa Anda tidak lupa membawa perlengkapan ujian, seperti pena, pensil 2B, mistar, penghapus, atau papan alas.
  4. Pastikan bahwa Anda tidak melanggar tata tertib ujian. Anda bisa dikeluarkan dari ruang ujian jika melanggar.
  5. Pastikan bahwa semua identitas Anda ditulis dengan benar dan lengkap di lembar jawaban.
  6. Kerjakan soal dengan tenang.
  7. Pusatkan pikiran Anda untuk selalu berkonsentrasi menjawab soal-soal.
  8. Awali semua pekerjaan dengan berdoa kepada Allah SWT.
  9. Dahulukan menyelesaikan soal yang dianggap mudah, kemudian baru Anda berusaha untuk menyelesaikan soal yang sulit atau yang tadi merasa ragu-ragu untuk menjawabnya.
  10. 15 menit sebelum waktu ujian berakhir sebaiknya Anda sudah selesai menyelesaikan ujian, agar anda memiliki waktu untuk mengoreksi ulang mengenai identitas (nama dan nomor ujian), soal dan jawaban anda.

 

 
 

I LOVE METEMATIKA

PDFPrintE-mail

Last Updated on Sunday, 29 April 2012 13:57 Tuesday, 20 March 2012 14:54

Beberapa siswa sering kali bertanya, mencari pembenaran alasan mereka yang menganggap bahwa pelajaran matematika itu sungguh membosankan, menyebalkan, bikin pusing, dan banyak lagi alasan negatif yang terlontar dari pengkuan jujur mereka. Malah ada yang lebih ekstrem, nafasnya menjadi sesak seketika apabila mengerjakan eksak… J Yang mengidap syndrom matematika model kayak gini ternyata jumlahnya ngga sedikit lho… (prihatin.com)

QS Lovers, coba deh kita inget-inget sedikit ajah.. (jangan banyak-banyak) takut kambuh syndromnya… hehehe. Dari zaman Fir’aun nganggur sampe zaman saiki, matematika identik dengan mencari nilai “x”. Betul… ? (yang senyum-senyum sambil angguk-angguk berarti udah membayangkan). Artinya apa… ? artinya, matematika adalah salah satu ilmu dalam memecahan masalah dan mencari solusi. Pelajaran matematika menuntun cara berfikir kita untuk keluar dari masalah yang ditanyakan dalam soal. Bisa dibayangkan ngga, kalo kamu mampu menjawab soal yang kata sebagian besar temen kamu bilang sulit, ternyata kamu mampu menjawabnya dan benar pula. So pasti seneng ‘n bangganya ampe pengen terbang ke langit ketujuh. Tul ngga… ? hehehe…

Begitu juga di kehidupan nyata, masalah itu ngga di undang juga datang… ngga dipinta juga dikasih… ngga diharapkan juga nongol… (* hadeehh… sambil geleng-geleng kepala) Pertanyaannya, kira-kira polanya sama ngga dengan problematika matematika…? Yups, bener sekalli QS Lovers, sama persis, intinya masalah. Gimana kita memecahkannya sekaligus mencari solusinya. Mulai dari TK kita sudah diperkenalkan matematika. Maksudnya apa… ?, ya… biar kita berlatih secara mental, sehingga ketika mengalami masalah kehidupan nyata kita semua siap secara mental, tidak cepat menyerah, tidak mudah putus aja, selalu bersemangat menghadapi masalah, selalu optimis dan percaya bahwa setiap masalah pasti dapat diselesaikan.

Semoga sekarang sudah insyaf dan syndrom sesak nafasnya sudah sembuh seketika. Hehehe… Secara, sekarang khan sudah tahu, seberapa pentingnya matematika. Jika kita terbiasa lari dari pelajaran matematika dengan mengambil jalan pintas, alias nyontek. Terus bisa dibayangkan ngga kalo kita punya masaslah yang real menimpa kita. Apakah dengan cara yang sama seperti yang biasa kita lakukan, yaitu laridari kenyataan.. ? mencari jalan pintas tanpa menghiraukan hukum-hukum islam, bisa-bisa bunuh diri tuh… ? na’udhu billah…. Tapi yang pasti, itu bukan siswa QS. ^_^

 

By. Santi Nabila

 
 

Page 6 of 7

Cabang Bulevar

Jl. Bulevar Hijau Blok B8 No.48
Harapan Indah Bekasi Barat
888 66 058

Cabang Pondok Ungu

PUP Blok A1 No. 5
Bekasi Utara
888 2505

Cabang Taman Harapan

Ruko THB Blok B1 No. 33C
Bekasi Barat
8898 99 66